Jumat, 27 Maret 2009

Mengenali Bunyi Beep Pada Komputer

Apakah anda pernah mengalami masalah pada komputer anda? Apabila belum pernah, maka bersyukurlah dan bersiap-siaplah untuk mengalaminya, karena anda akan segera menghadapinya dalam waktu dekat Bagi yang pernah, saya ucapkan selamat, 
kenapa demikian??? Saya ucapkan demikian karena komputer cenderung punya masalah, baik kecil maupun besar. Komputer merupakan kumpulan komponen-komponen yang dirangkai menjadi satu kesatuan sehingga membentuk komputer yang kita kenal saat ini.

OK, di sini saya akan mengenalkan anda pada masalah dalam komputer yang dikaitkan dengan bunyi beep pada komputer anda. Seperti anda ketahui, apabila kita menyalakan komputer, maka biasanya kita akan mendengar satu bunyi beep(sebentar). Adakalanya, saat menyalakan komputer, karena sesuatu hal (biasanya karena komputer dipindah-pindah atau listrik yang jelek) maka komputer tidak mau menyala, dan hanya mengeluarkan bunyi beep saja.

Bila PC Anda tidak lagi bereaksi setelah dihidupkan selain mengeluarkan bunyi beep ia sebenarnyaingin menunjukkan pesan kesalahan. Bagaimana menginterpretasikan sinyal-sinyal terpenting dari BIOS tersebut??? Mari kita kelompokkan bunyi beep tadi berdasarkan tipe bios yang dipakainya:(lihat logo yang keluar pada kiri atas monitor saat komputer pertama dihidupkan): 

AMI BIOS
1x: RAM rusak atau tidak terpasang dengan tepat.
6x: Kesalahan Gate A20 - biasanya menunjukkan keyboard yang rusak.
8x: Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan tepat dalam slot.
11x: Checksum-Error. Periksalah baterai pada motherboard.

Award BIOS
1x panjang: Kesalahan RAM, modul tidak duduk dengan tepat. 
1x panjang, 2x pendek: Graphic card cacat atau rusak.
1x panjang, 3x pendek: Keyboard rusak atau tidak terpasang (mulai versi 4.5 signal ini 
menunjukkan kesalahan graphic card).
Tak terputus: RAM atau graphic card tidak ditemukan.

Phoenix BIOS
1x-1x-4x: BIOS rusak.
1x-2x-1x: Motherboard rusak.
1x-3x-1x: Masalah RAM, modul tidak terpasang dengan baik.
3x-1x-1x: Motherboard rusak.
3x-3x-4x: Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan baik.

Anda harus punya kemampuan menghitung dan pendengaran yang baik :) agar dapat menentukan jenis kerusakkan berdasarkan bunyi beep yang dikeluarkan. Jadi, kalo komputer kamu mengeluarkan bunyi beep lebih dari sekali saat booting, tinggal cocokkan bios dan jumlah bunyi beep, maka pasti ketahuan bagian mana yang bermasalah.

Apabila bagian yang bermasalah adalah RAM (memori) maka cabutlah memori RAM anda dan pasang lagi (apabila cara meletakkan RAM sebelumnya kurang baik atau tidak pas atau bergeser karena komputer dipindah-pindah). Perlakuan yang sama juga dapat dilakukan pada graphic card (kartu vga)anda. Apabila setelah memperbaiki letak periferal (RAM dan kartu vga) tetapi bunyi beep masih berbunyi juga, kemungkinan besar periferal tersebut mengalami kerusakkan.
semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: