Senin, 30 Maret 2009

cara tes MOSFET



 
M etal O xide S emiconductor F ield E ffect T ransistor 
Prosedur pengujian ini adalah untuk digunakan dengan digital multimeter dalam tes diode-rentang dengan minimal 3,3 volt lebih dut (diode-under-test). Jika anda multi meter kurang dari itu tidak akan melakukan ujian. Check your meter manual untuk spesifikasi. 
 
Hubungkan 'Sumber' dari MosFet ke meter dari negatif (-) . 

1) Pegang MosFet atau tab tapi jangan sentuh bagian logam test probes dengan salah satu dari terminal lainnya MosFet sampai diperlukan. JANGAN membolehkan MOSFET yang datang ke dalam kontak dengan pakaian, plastik atau plastik produk , dll karena tingginya tegangan statis dapat menghasilkan. 

2) Pertama, sentuh meter positif mengarah ke MosFet dari 'Gate'. 

3) Sekarang pindahkan ke positve probe 'Drain'. Anda harus mendapatkan 'rendah' membaca. The MosFet internal capacitance pada pintu gerbang telah diisi oleh meterannya dan perangkat 'terpasang'. 
 
4) Dengan meteran positif masih terhubung ke sia-sia, sebuah sentuhan jari antara sumber dan gerbang (emigrasi dan jika Anda suka, tidak apa-apa pada tahap ini). Pintu gerbang akan habis melalui jari Anda membaca meter dan tinggi harus menunjukkan non-konduktif perangkat. 

Apa ujian di atas adalah tidak benar-benar menguji cut-off voltage, yang pada dasarnya adalah tegangan tertinggi disimpan di pintu gerbang sehingga tanpa melakukan. Tes sederhana seperti itu tidak 100% - tetapi biasanya adalah bermanfaat dan memadai. 

MOSFETS gagal ketika mereka sering pergi arus drain-ke-pintu gerbang. Hal ini dapat menempatkan memperkurus tegangan kembali ke pintu gerbang di mana ia ofcourse feed (melalui pintu gerbang resistors) ke dalam drive circuitry, prossibly puputan yang seksi. Juga akan mendapatkan ke yang lain terpadai MosFet pintu, mereka juga meniup. 
Jadi, jika yang meninggal MosFets, periksa driver juga! Hal ini mungkin adalah alasan terbaik untuk menambahkan sumber-pintu zener diode; zeners gagal kortsleting dan baik zener dapat membatasi kerusakan kegagalan! Anda juga dapat menambahkan subminiature gerbang resistors - yang cenderung gagal buka-sirkuit ( seperti sekering) di bawah ini overload, disconnecting yang tak berguna MosFet dari pintu gerbang. 
Dying MOSFETS sering mengeluarkan api atau meniup-out, bahkan lebih dalam hobi elektronika dibangun proyek. Apa itu artinya bahwa unit rusak biasanya dapat dinodai visual. Mereka menunjukkan dibakar lubang atau 'sesuatu hitam' somewhere. Saya telah melihat mereka banyak terutama di up's yang ada sebanyak 8 atau lebih mosfets secara paralel. Saya selalu mengganti semua itu jika ada beberapa cacat plus driver. 

NEVER menggunakan salah satu dari mereka yang memegang tangan-pateri suckers (Anda tahu, yang dengan penyelam) untuk desolder sebuah Hex MOSFET. Mereka membuat Electro Static Discharge cukup untuk menghancurkan sebuah mosfet. Metode terbaik adalah dengan menggunakan solder-sumbu atau profesional 'ESD' aman desoldering stasiun. 

Berikut adalah beberapa aplikasi HexFET menggunakan IRF511. 

Ara. 1 dikonfigurasi sebagai sederhana Kelas-A Audio Amplifier. Dengan nol pintu bias diterapkan, seperti Q1 beralih di luar negara, jadi tidak ada saat ini mengalir melalui beban resistor R2. Berbahasa Idealnya, tegangan yang melintasi Q1 dan beban penghambat harus sama untuk kelas-A operasi. J 100K potentiometer (R3) dan 1-MegaOhm tetap resistor (R1) maker sederhana atas pintu-adjustable bias sirkuit. Plase sebuah tegangan volt antara Drain (D) dari Q1 dan sirkuit tanah, dan menyesuaikan R3 untuk membaca meter dari setengah tegangan listrik. 
Hampir semua nilai resistor dapat digunakan untuk R2 sepanjang maksimum saat ini dan daya penilaian dari FET tidak terlampaui. J hambat nilai antara 22 dan 100 ohms merupakan pilihan yang baik untuk percobaan. Pada arus tinggi, heat sink yang cocok harus digunakan. 

Ara. 2 memiliki kekuasaan FET setup sebagai Relay-Controller. Dengan nol-pintu bias diterapkan, Q1 bertindak lilke terbuka berpindah, tetapi bila tegangan DC yang lebih besar dari 5 volts ini diterapkan pada masukan dari sirkuit, ternyata pada Q1, menyelesaikan sirkuit relay dan therby mengaktifkan relay yang berliku-liku. 
Input bias saat ini diperlukan untuk mengaktifkan Q1 dan mengoperasikan relay kurang dari 10 μA (microAmps), yang sekitar 1 / 1000000 pada saat ini diperlukan untuk bias yang populer daya 2N3055 transistor untuk mengoperasikan relay sama. 

Ara. 3 ditunjukkan sebagai Terang Lampu Flasher biasa menggunakan dua IRF511 HexFets yang dikonfigurasi sebagai astable sederhana multivibrator bergantian beralih ke dua lampu, La1 dan La2, dan tidak aktif. R & C menetapkan nilai-nilai yang diberikan untuk menilai lampu kilat sekitar 1 / 3 Hz. Baik oleh berbagai penghambat atau nilai kapasitor flash menilai hampir semua dapat obtainded. Tingkatkan baik C1 dan C2, atau R1 dan R2, dan lampu kilat menilai memperlambat. Penurunan mereka dan menilai meningkat.  
Tidak seperti kebanyakan perangkat semikonduktor, kuasa MosFet dapat terpadai, tanpa saat ini khusus bagi komponen, untuk kontrol yang lebih besar beban arus. Yang bisa menjadi fitur penting bila perangkat digunakan untuk menghidupkan lampu pijar, karena lampu dari dingin perlawanan jauh lebih rendah daripada normal perlawanan. 
J khas # 1815 12-14-volt lampu ukuran 6 ohms dingin. 12 volts bila diterapkan, yang saat ini diambil adalah awal 2 amps. Lampu yang sama, ketika beroperasi di 12 volts, memerlukan hanya sekitar 200mA. Angka tahan panas yang keluar menjadi sepuluh kali nya tahan dingin, atau 60 ohms. Berita gembira yang harus dipertimbangkan ketika memilih suatu perangkat semikonduktor untuk mengendalikan sebuah lampu pijar. 
KESALAHAN Fix: Q1 sumber (Fig.3) telah terhubung ke C2 ditampilkan. Sumber harus terhubung ke Ground (Gnd.) yang sudah dikoreksi. 

Ara. 4 adalah Aktifkan Jarak. Rancangan ini akan membawa keuntungan yang sangat tinggi dan daya input Impedance-penanganan yang IRF511 kemampuan untuk membuat sederhana, tetapi sensitif, sensor jarak dan alarm circuit driver. 
J 3x3 inci bagian dari papan sirkuit (atau mirip ukuran benda logam), yang berfungsi sebagai pick-up sensor, terhubung ke pintu gerbang Q1. J 100 MegaOhm hambat, R2, Q1's isolates gerbang dari R1, sehingga input Impedance tetap sangat tinggi. Jika 100-MegaOhm penghambat terletak tidak dapat, hanya seri 5 22-MegaOhm resistors dalam seri dan menggunakan kombinasi untuk R2. Bahkan, R2 dapat dibuat lebih tinggi nilai sensitivitas untuk ditambahkan. 
Potentiometer R1 disesuaikan ke satu titik di mana saja piezo buzzer mulai suara hati-hati dan kemudian didukung off ke titik di mana suara berhenti. Percobaan dengan pengaturan yang R1 akan membantu dalam obtainin sensitivitas yang terbaik untuk penyesuaian sirkuit. Potentiometer R1 mungkin diatur ke satu titik di mana pick-up harus dihubungi untuk set alat alarm. J relay atau sedang lapar-komponen dapat mengambil tempat dari piezo alat untuk mengontrol hampir semua sirkuit eksternal. 

sumber penulis  : Tony van Roon Last Updated: 11 Februari 2004
   


1 komentar:

gie-com mengatakan...

makasih bro infonya lam kenal ...?