Rabu, 01 April 2009

SCR DAN TRIAC


 
© oleh Tony van Roon, 
"SCR dan Triacs adalah komponen yang mampu berkecepatan tinggi, solid-state switched yang digunakan dalam AC dan DC daya kontrol aplikasi. Ingin tahu banyak bagaimana mereka bekerja dan aplikasi praktis untuk komponen ini." 
 

Apa yang sebenarnya Triacs atau SCR's itu? Mereka sama dan mempunyai fungsi yang sama. Perbedaannya adalah bahwa triacs biasanya terlibat dengan ac dan SCR dengan sisi dc. Triac sirkuit dapat digunakan untuk mengendalikan baris-tegangan (AC) powered perangkat. 

SCR dan Triacs yang baik dari anggota keluarga yang thyristor. The SCR (S ilicon C ontrol R ectifier), adalah empat lapisan (PNPN) sandwich dari bahan semikonduktor. Simbol yang akan ditampilkan dalam gambar 1 - a, dan sirkuit ekuivalen akan ditampilkan dalam gambar 1 - b. Sirkuit yang merupakan komplementer yg membarui beralih pada Q1 dari dasar yang saat ini berasal dari kolektor Q2, saat ini adalah dasar yang pada gilirannya berasal dari kolektor dari Q1. Kami akan membicarakan bahwa tindakan yg membarui lebih detail dalam waktu dekat.  
gambar 1 - c menunjukkan dasar sirkuit yang memungkinkan Anda untuk menggunakan SCR sebagai saklar listrik di DC-kontrol sirkuit. Sirkuit yang berfungsi sebagai berikut. Bila daya yang pertama diterapkan pada penutupan SCR oleh S1, maka SCR adalah "memblokir" dan muncul sebagai buka-sirkuit beralih. Tindakan yang dapat dipahami oleh memeriksa Fig. 1 - b, di mana dapat dilihat bahwa, karena Q1's base adalah shorted ke terminal katoda melalui R1 dan R2, Q1 adalah memotong melalui kurangnya dasar saat ini. Karena itu tidak ada dasar feed Q1 ke Q2 saat ini, sehingga juga dilenyapkan. Karena keduanya adalah Transistor terpotong, hanya sebagian kecil dari jumlah yang saat ini dapat kebocoran arus antara anode dan katoda terminal. 
SCR yang dapat dihidupkan (dibuat untuk bertindak seperti menutup beralih atau forward-bias silicon rectifier) hanya dengan menerapkan positif gerbang saat ini. Yang dapat dilakukan pada sirkuit yang ditampilkan dalam Gambar 1 - c cukup dengan menutup S2. Pintu gerbang diterapkan saat ini sehingga menyebabkan SCR untuk beralih pada sangat cepat.  
Jika diterapkan secara eksternal saat ini adalah pintu gerbang cukup besar, akan menyebabkan Q1 untuk mulai menyala. Karena tidak, para kolektor saat ini feed Q2 dari dasar, sehingga menyebabkan Q2 untuk menghidupkan dan makanan tambahan untuk Q1 dasar sekarang, dan seterusnya. Jalan di mana dua Transistor feed saling disebut yg membarui berpindah. 
Setelah ternyata SCR dan menyelenggarakan maju signifikan saat ini, maka SCR tetap walaupun pada pintu gerbang drive kemudian dibuang. Untuk itu, hanya singkat pulse dari gerbang saat ini akan diperlukan untuk memalangi yang pada SCR. Catatan di Fig.1-b bahwa karena keberadaan R1 dan R2, SCR yang tidak dapat berubah dengan mengkonsletkan biasing dan reverse-pintu gerbang-katoda pada perangkat. 
Bahkan, satu-satunya jalan yang SCR turning off adalah dengan segera mengurangi anode-nya saat ini di bawah nilai minimum yang tahu seperti sekarang memegang (I H). Jadi, berikut simpangan yang terjadi secara otomatis di sirkuit AC dekat persimpangan titik nol pada akhir setiap setengah siklus. 
J terbatas jumlah internal capacitance ada antara anode dan pintu gerbang dari sebuah SCR. Akibatnya, jika tegangan naik tajam diterapkan ke anode, yang dapat menyebabkan internal capacitance bagian dari meningkatnya tegangan untuk menjebol pintu gerbang sehingga memicu pada SCR. Bahwa "menilai efek"-pada gilirannya dapat menyebabkan pasokan oleh transients-baris, dan kadang-kadang terjadi pada saat ketika daya yang diterapkan pada SCR dari anode. Menilai efek-masalah biasanya dapat diatasi oleh kabel sederhana RC "snubber" jaringan antara anode dan katoda dari SCR; jaringan tingkat-batas yang menimbulkan-nilai yang aman. 

Yaitu dasar karakteristik dari SCR. Seperti yang dapat Anda lihat, itu yang cukup sederhana perangkat. Bila memilih SCR untuk sebuah aplikasi tertentu, biasanya Anda akan menemukan bahwa yang paling signifikan-parameter adalah puncak tegangan dan nilai sekarang pintu gerbang sensitivitas penilaian, dan (kadang-kadang) nilai perangkat minimum memegang-saat ini. Tabel 1 daftar spesifikasi dasar dari beberapa populer SCR's. 




  Dasar DC sirkuit: 
SCR dari digunakan dalam kedua daya AC dan DC-kontrol sirkuit; mari kita lihat beberapa dasar pertama di sirkuit DC. Dua cara menggunakan SCR sebagai pushbutton-mengendalikan kekuatan-switch yang akan ditampilkan pada Gambar 2. Dalam kedua sirkuit, maka SCR (dan dengan demikian lampu) dapat latched oleh penutupan sementara S1, sehingga makanan gerbang berkendara ke SCR melalui R1. Di kedua pintu gerbang sirkuit terikat ke katoda melalui R2 untuk meningkatkan stabilitas di sirkuit. 
Tentu saja, setelah berubah pada SCR, dapat dimatikan oleh sebentar lagi hanya mengurangi anode saat ini di bawah perangkat H saya nilai. Dalam Fig. 2 - a SCR dimatikan oleh segera membuka S2; digambar. 2 - b adalah yang dilakukan dengan menggunakan S2 ke mengkonsletkan anode dan katoda pada SCR sebentar. 
Gambar 3 menunjukkan cara lain untuk memutar SCR yang tidak aktif. Di sini, setelah berubah pada perangkat, C1 biaya hingga hampir penuh pasokan tegangan melalui R3 dan anode dari SCR. S2 adalah bila kemudian ditutup, maka klem positif akhir C1 ke tanah, dan biaya pada C1 yang memaksa anode dari SCR ke ayunan negatif seketika, sehingga membalik-biasing yang menyebabkan SCR dan untuk menonaktifkan. Kapasitor dari biaya yang bleeds pergi dengan cepat, tetapi harus pegang SCR dari anode negatif hanya beberapa microseconds ke dr simpangan. Perlu diketahui bahwa C2 harus non-polarized jenis. 
Sebuah variasi dari kapasitor simpangan sirkuit ishown gambar 4. J slave SCR (SCR2) menggantikan simpangan beralih (S2) di gambar 3. Master SCR (SCR1) dimatikan oleh sebentar berputar di SCR2 melalui S2. SCR budak yang mati setelah S2 dilepaskan, karena saat ini anode disediakan oleh R3 lebih rendah dari SCR2 dari sekarang memegang. 

Ujian sebuah SCR: 
SCR tester sederhana ini dapat dilakukan dengan hanya beberapa komponen. Akan memberikan visual 'lanjut' atau 'no-go' indikasi pada murah - ia hanya sebuah sumber tegangan, sebuah lampu, dan penghambat melalui pintu gerbang yang diberikan saat ini. 
 
Tester ini berguna memberikan visual "pada" atau "off" dan beralih latching indikasi. Setelah selesai, Anda dapat menguji semua scr yang anda punyai . Jika SCR adalah latching dan dapat memegang latching tsb kemungkinan besar scr masih dalam kondisi bagus. 

lihat diagram, ini menunjukkan 3-amp, 50-volt SCR (di test) dan tes sirkuit. Poin "Gate" dan "katoda" adalah sambungan sementara, sehingga mereka dapat dengan mudah dapat dibuka. Aku digunakan untuk setiap beralih aktif, tapi menggunakan apa Anda merasa nyaman dengan sederhana pelompat kawat akan do the trick. Saya menggunakan gadget ini di toko dan sebagainya memiliki mount dalam kasus kecil. Sirkuit ini bahkan bisa-bisa roti boarded untuk tujuan Anda. 

Ketika "katoda" tertutup, lampu tidak nyala. Ketika "Gate" juga ditutup, lampu menyala dengan intensitas maximal. Lampu tetap nyala walaupun "Gate" dibuka kembali. Tetapi ketika "katoda" dibuka, bahkan sebentar, lampu tidak akan nyala lagi ketika "katoda" tertutup. Yang menggambarkan "ON" dan "OFF" pengoperasian SCR. 
  Saya diuji berikut SCR tipe: C106D1 (400V/4A) T106Y1 (30V/4A) 
  C106F (50V/4A) C106F1 (50V/4A) 
  C106B (200V/4A) CSM2B2 (100V/4A) 
  T106D1 (400V/4A) NTE5402 (100V/0.8A) 
  TIC106M (600V/8A) NTE5457 (400V/4A) 
  TIC126M (600V/25A) CR6AM-8 (400V/10A) 
  MCR106-3 (100V/4A) NTE5455 (200V/4A) 
   
  Dalam semua kasus yang telah tester akurat dalam pemberitaan 'baik' dari 'buruk'. 
TRIACS: 
Saya memutuskan untuk percobaan yang tester pada TRACS sejak mereka beroperasi pada prinsip yang sama. The pin-out of a Triac biasanya MT1, MT2, dan Gate. Hookup yang probes sebagai berikut: 'K' untuk menyelidiki 'MT1', maka 'A' untuk menyelidiki 'MT2' dan 'G' untuk menyelidiki 'Gate'. Saya menggunakan 9Volt dan 12Volt pasokan daya-hakim untuk keperluan pengujian. Menjalankan tes dengan cara yang sama seperti sebuah SCR. Lampu hanya boleh pada saat ini beralih pada K dan G beralih pada sesaat. Lainnya dalam kondisi lampu harus tetap tidak aktif. Jika tidak, hampir pasti akan Triac cedera. Jauhkan tes pada Triac sebagai singkat mungkin. 
  Saya diuji berikut Triacs dengan hasil yang baik: 

  Q4006L4 (400V/8A) - Tested Bagus (yang baru) 
  Q6006LT (600V/10A) - Tested rusak (telah rusak) 
  Q6010L5 (600V/10A) - Tested Bagus (yang baru) 
  L4004F31 (400V/4A) - Tested rusak (telah rusak) 
  MAC15A (400V/15A) - Tested Bagus (yang baru) 
  NTE5610 (800V/8A) - Tested Bagus (yang baru) 
 
Sekali lagi, di semua kasus yang telah tester benar. Aku dibandingkan hasil dua cacat Triacs dengan hasil yang sangat mahal komersial SCR / Triac tester. Komersial pada tester Anda dapat mengatur sebenarnya VRM (volt) yang Triac dan memeriksa kebocoran dan apa, tetapi saya tidak menemukan hasil akhir yang sama, "itu baik atau buruk" dan itu "berpindah atau tidak".  

Tony van Roon, VA3AVR 

Tidak ada komentar: